6 Februari 2013

Bakuman Review Anime & Manga

Bakuman adalah hasil imajinasi Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata. Keduanya adalah pencipta manga terkenal DEATH NOTE.
Jarang banget ada anime yang diadaptasi dari manga dengan kisah seperti ini. Secara garis besar (kenapa gak garis panjang aja istilahnya ya???) manga ini bercerita tentang dua anak muda yang bercita2 menjadi mangaka profesional di jepang. Mereka berdua adalah Moritaka Mashiro (Saikou) dan Takagi Akito (shuujin). Saikou memiliki kemampuan menggambar yang baik karena dia sering berkunjung ke studio manga pamannya yang seorang mangaka terkenal yaitu Kawaguchi Tarou. Shuujin merupakan murid terpandai di sekolah dan pandai dalam mengarang cerita, dia mencoba membujuk Saikou untuk menjadi mangaka bersama dirinya. Meskipun sempat menolak tawaran shuujin, saikou pun akhirnya menyetujui tawaran tersebut. Mereka menggunakan nama Ashirogi Mutou (berikutnya ane singkat AM) sebagai nama untuk setiap manga yang mereka buat.
di lain cerita Saikou melamar teman sekelasnya, lamarannya pun diterima oleh Miho tanpa ragu karena dia juga menyukai Saikou. Miho bercita2 menjadi seorang seiyuu (Pengisi suara anime), mereka berjanji akan menikah jika manga karya ciptaan AM berhasil diangkat menjadi anime dan Miho merupakan seiyuu dalam anime tersebut.
Mereka tidak akan bertemu sebelum impian mereka terwujud, namun janji tersebut tidak ditepati ketika Saikou harus masuk rumah sakit dan Miho menjenguknya. Dalam perjalanan menjadi mangaka profesional mereka harus bersaing dengan mangaka lain, yang menjadi rival berat mereka yaitu Niizuma Eiji. Dengan manga berjudul CROW dia berhasil menjadi mangaka yang paling terkenal di majalah JUMP (Tempat AM mempublikasikan karyanya). Niizuma juga mengidolakan AM dan menjadikan AM sebagai rival dan sahabat dalam berkarya. Namun Niizuma berjanji pada AM bahwa mereka akan terus bersaing untuk menjadi mangaka terbaik.
Setelah melalui proses yang begitu panjang, manga CROW tidak terkalahkan meskipun sempat beberapa kali posisinya tergusur oleh manga karya2 AM seperti Detective TRAP ataupun TANTO.
Akhir dari pertarungan mereka ketika Niizuma menagih janji kepada kepala editor majalah JUMP ketika merekrutnya dulu, yaitu dia berhak menghentikan satu manga yang tidak disukainya jika dia berhasil menjadi mangaka terbaik. Dia memutuskan untuk menghentikan karyanya sendiri CROW. Jika selama 16 minggu tidak ada yang bisa menggusurnya dari posisi pertama, 4 minggu berikutnya dia akan membuat ending dari CROW. Selama 20 minggu posisi CROW tidak pernah tergusur dari peringkat satu dalam polling manga favorit pilihan pembaca. Manga lain seperti Road Rider GIRI, Seigi no Mikata dan PCP pun hanya mampu bergantian menduduki peringkat kedua tanpa bisa mencapai peringkat pertama. Sesuai dengan perjanjian, dia pun mengakhiri CROW yang fenomenal di kalangan editor, mangaka dan pembaca JUMP.

Persaingan AM dan Niizuma tidak terhenti begitu saja, karena mereka telah menyiapkan manga baru dalam pertarungan mereka membuat manga terbaik yang pernah ada.


Sampai sekarang, anime bakuman sudah memasuki season ketiga. Ane ikutin banget ini anime coz menarik banget untuk orang2 yang hobi dengan menggambar manga dan ingin menjadi seorang mangaka. Kita bisa tahu bagaimana proses pembuatan manga sampai dengan hasil akhirnya menjadi suatu manga utuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar