23 Desember 2010

Duniaku hari ini, My Lifes Today

09.30 23 Desember 2010
Waahhh, kacau hidup gue banget hari ini. Ngerjain tugas yang menumpuk kayak sampah di TPA Aki Balak aja. Semua mata kuliah dari semester ini seperti Research, Discourse Analysis, Speaking 3, Computer Literacy, Seminar Pendidikan, Intro to Thesis Writing, dan Second Language Acquisition turut menyumbang tugas yang semakin membuatku GILA!!!!! Hanya mata kuliah Grammar 3 saja yang tidak menambah beban kuliahku di semester 7.
Niatnya sih pada tanggal 22 desember mau ngerjain tugas Intro Thesis Writing, tugasnya sih simpel aja. Hanya membuat outline dari sebuah skripsi. Meskipun hanya outline, judul skripsi yang akan dibuat juga gak bisa sembarangan. Toh kalau mau diseriusin, tugas yang hanya outline ini bisa dikembangkan menjadi skripsi utuh.
Seperti biasa, dalam mengerjakan tugas itu mahasiswa selalu menggunakan jurus CEPE’ kata pak muslimin kanafi. Tau cepe’ tu apa??? Copy Paste bah katanya. Tusuk flash, connect, buka deh Mbah Google yang paling informatif. Kasi masuk deh keyword, “Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Menengah Umum dalam Berbahasa Inggris”. Itu sih judul paling sederhana untuk sebuah skripsi yang tidak dibuat dengan serius. Hanya untuk memenuhi tugas kuliah aja kan.
Dapat artikelnya, langsung deh cepe’ no jutsu digunakan. Nah, satu tugas udah selesai. Gak terasa kalo udah jam 1 tengah malam, weehhh ternyata uda tanggal 23 desember. Padahal ngerjain tugasnya dari jam 9 tuh. Ngenet kalo gak buka pesbuk kan gak pooolllll rasanya. Begitu deh jadinya, banyak buka pesbuk daripada cari tugas kuliah itu.
Rencana berikutnya mau ngerjain tugas Second Language Acquisition sih, langsung deh ketik keywordnya “Learning Strategies”. Begitu liat hasil searchnya gak memuaskan, tanpa pikir panjang langsung gue tutup aja tab googlenya.
Liat lagi deh pesbuk gue yang kueyen buanget itu Yosta De Schizophrenia. Status pertama yaitu, “saatnya berubah malam ini”. Menjadi manusia yang iseng “naJAILbillah” (naudzubillah). Korban utama sih pasti teman2 yang juga sedang ngerjain tugas yang sama. Kasi jatuh mental dengan komen status “Chiyeee ud selesai eh dy punya tugas, boreraaa....” langsung puanas tuh teman gue “asseeemmmmm, bru bab1 Tau yg slsai”. Hahaha, kena deh dia gue isengin.
Korban berikutnya sohib gue yang baru sore tadi kasi masuk berkas PPL-nya, namun uda dapat warning coz ada mata kuliah wajib yang harus dituntaskan. Saking frustasinya, statusnya “butuh sedikit motivation, telpon chyank dlu ah”. Langsung deh dikoment “chiyeeee, uda punya cewek dia eh...boreraaaa”. gak lama ada tuh benda berwarna merah di bagian pemberitahuan. Gua klik, Nana Alfian Anggara mengomentari status Ssi Iwan. Jiiaaahhh, malah kakaknya yang bales. Isi komentnya “kalo belum dikenalin belum sah itu”. Hahaha, kasiman deh loh iwan. Harus dikenali dulu ma keluarganya kalo mau direstui tuh ceweknya.
Korban yang terakhir sih cewek gaze yang menyebut dirinya J-RockStar Samarinda. Gimana gak gaze, akun pesbuk aja ada tiga. Untuk apa coba akun banyak2??? Mau komen2an dgn msing2 akun??? Ada2 aja dah. Gue kan tulis status “nonton one pieceEEEE!!!!!” dia komen “baca SLA tuh nah”. Kemudian lanjut deh saling balas komen dan sempat terhenti karena dia tulis “mbabi”. Dari sore itu terus yang dia bilang. Gue balas deh “mudah2n keterusan sampe besok pas presentasi tuh mbabi”. Terus terus terus kena dia, gue sih orangnya cuek buebek abis. Kalo teman2 komen satus gue, gak pernah gue tanggepin. Nah ini gue status komen gue sampe 32 komentar tuh di status gue. Dia bingung, ini pasti bukan yosta kan tulisnya. Gue bales aja, ini yosta. Kena deh dia, dia pikir, dia yang paling hebat. Loh, kok jadi lagunya sherina sih. Dia pikir teman gue yang balas koment-komentnya. Maklum, kemaren2 pesbuk gue selalu dikerjain ma teman2 gue, login dengan akun gue en nulis status yang enggak-enggak.
Pas uda bosan ngerjain orang, mata gue tertuju pada sebuah judul iklan VivaNews.com dengan gambar Cristian Gonzales. So pasti gue klik aja tuh, langsung deh meluncur ke forum vivanews. Banyak tuh yang dibahas, mulai dari rakyat dukung malaysia klaim nurdin halid, malaysia mengklaim Irfan Bachdim, malaysia akan naturalisasi pemain sekelas Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi (sombong banget).
Keasikan baca2 artikel itu, lagi2 gak terasa kalo uda jam setengah 2 (1.30). malah dapat blog yang postingannya lucu2. Lanjut deh baca2 lagi sampe jam 4. Uda suntuk banget tuh jadinya berjam-jam baca postingan sambil cekikikan sendiri tengah malam. Status pesbuk gue pun berisi potongan kata dari postingan2 yang gue baca. Bosan, boring, suntuk, jenuh (sebetulnya sih sama aja tuh makna kata2nya). Jam setengah 4 gue sms pacara gue, “yank, uda bangun blum...papah mau nelpon nih”. Gak ada balesan, gue telpon aja deh. Gak diangkat, berarti masih tidur. Gue tidur aja lah daripada uda gak ada yang dikerjakan.
Sebelum tidur, setel alarm di hp nexian gue jam 8 coz kuliah jam 9.45. Takut ketiduran jadinya pasang alarm tuk jaga2. Paginya gue gak nyangka kalo yang bangunin gue pagi2 tuh bukan bunyi alarm tadi, tapi bunyi sms hp gue yang nokia 6020 “you have one message yosta” dengan suara robot jam 7.53. Gue pikir sih paling teman gue yang biasa jemput gue gitu, gak taunya malah dari chayank dita. Isi pesannya “yank telpon lagi donk”, langsung aja gue telpon meskipun mata masih agak ketutup. Halooo, napa yank bilangnya, gue bilang aja kangeeennn, dengan nada yang mengantuk-ngantuk karena masih setengah tidur. Terus deh berlanjut lanjut lanjut telponannya. Gue tanya kapan dia kesini (gue pacaran jarak jauh ma dia), dia bilang bulan januari atau gak februari. Langsung deh senyum terpancar dari bibir gue mengalahkan pancaran sinar mentari (lebaaayyyy banget). Ada harapan bakal ketemu ma dia yang uda lama ditunggu2 kehadirannya. Sambil liat jam nih nelponnya coz takut keasikan nelpon, tau2 uda jam 8.30. bisa telat nih kalo gak mandi sekarang. Ijin deh ma chayank kalo mau mandi mau siap2 kuliah. Dia malah bilang gak usah kuliah, dasar mamah chayankku nih suka becanda kayak gitu.
Langsung aja pergi mandi, cepat2 secepat Valentino rossi. Selesai mandi pake pakaian kasi masuk laptop dalam tas, en tiitttt tiiittt pas nih teman gue uda datang. Nyokap kasi uang 450rb buat bayar uang PPL plus 20rb buat uang saku.
Sebelum kekampus singgah dulu tempat pacarnya teman gue nih, dia mau ngeprint tugas yang tadi malam dikerjain tuh sampe subuh. Sedangkan gue entar2 aja ngeprintnya toh mata kuliahnya yang terakhir kok (pikiran orang yang selalu ngeremehin sesuatu, hohoho). Chau dari selesai ngeprint, samoe kampus, parkir motor, naek ke lantai 2 FKIP UBT ternyata belum masuk toh mata kuliah Seminar pendidikan. Sesuai jadwal, gak lama masuk tuh mata kuliahnya dengan dosen yang udah siap didalam kelas. Ada 2 grup yang presentasi hari ini, dan dua-duanya tak kuhiraukan. Lagi asik bekesah ma teman disebelah en stres mikirin topik yang harus disampaikan saat mata kuliah Second Language Acquisiton nanti. Selesai jam Seminar Pendidikan, masuklah dosen SLA dikelas yang sama. Langsung kelompok yang akan presentasi duduk dimeja bagian depan. Gue duduk paling pojok coz paling dekat dengan tempat duduk gue sebelum maju tadi.
Presentasi pun dibuka oleh moderator, speaker pun satu persatu dipersilakan untuk menjelaskan topiknya (gue dapat bagian akhir, jadi yang terakhir yang menjelaskan), tibalah giliran Muhammad Yosta Novthami dengan NPM 07601010025 untuk menjelaskan tentang “Learning Strategies”. Dengan sedkit kuatir dan gugup, gue mampu menjelaskan topik gue dengan baik dan benar. Hahaha, tertawa puas rasanya. Sesi pertanyaan pun dibuka dengan dua pertanyaan saja (biar gak banyak makan waktu). Selesai presentasi, giliran kelompok berikutnya yang presentasi. Cuekin aja toh gue udah maju kok, hehehe. Selesai presentasi, dosen pun mengumumkan nama2 yang kurang aktif dalam presentasi. Yang namanya disebut akan ujian dengan dosen secara face to face. Alhamdulillah nama gue gak disebutkan, meskipun pada presentasi kelompok lain gue hanya diam saja, tapi pada presentasi sebelum-sebelumnya gue cukup aktif dengan mengajukan pertanyaan pada setiap kelompok yang presentasi.
Kalau kalian mau dapat nilai bagus, aktiflah dalam setiap presentasi dengan mengajukan pertanyaan. Tanyalah dengan bobot yang bagus, jangan pertanyaan yang sudah ada jawabannya malah ditanyain.
Selesai SLA, gue rencananya sih mau ngeprint KHS gue tuk melengkapi berkas2 PPL gue. Habis ngeprint lanjut makan bareng teman, tapi ada teman yang mau poto dulu 3x4 dulu sebelum makan. Terpaksa deh temanin dulu baru pergi makan.
Sumpreeetttt, lama banget nunggu hasil potonya tuh jadi mana cacing di perut udah pada konser rock semua lagi kepanasan pula. Lengkap udah penderitaan. Mau 30 menit tuh nunggu potonya akhirnya jadi juga. Langsung aja pergi ke MANDOR, warung makan dengan menu utama nasi lalap. Ambil tempat duduk, pesan makanan, ngoborl2 sejenak, makan datang, langsung dilahap, Minuman datang, langsung dibantai tuh sampe sisa setengah. Haus banget seharian gak makan ditambah dengan cuaca yang terik sekali membuat dehidrasi berat. Udah kenyang habis makan, pergi kekampus mau ngumpulin berkas PPL ma mau masuk kuliah. Sampai dikampus, tempat pertama yang dituju adalah kantor UPT tempat berkas dikumpulkan, tempat kedua kelas microteaching dengan mata kuliah Intro to Thesis Writing. Pas masuk, teman2 pada bilang “udah mau selesai yos”. Dengan cueknya gue terus aja masuk dan duduk paling depan. Selang 15 menit kuliah selesai dengan tambahan tugas baru (tugas mulu deh). Biasanya sih habis kuliah langsung pulang, tapi ada sedikit masalah dengan teman yang berkas PPLnya bermasalah. Harus temanin dia negosiasi dengan dosen, masalah sedikit terpecahkan dengan catatan ada surat rekomendasi dari kaprodi. Iseng2, temanin dosen yang sedang sibuk membagi penempatan mahasiswa yang akan PPL ke skolah2. Gak taunya malah gue dan teman saya yang mengatur pembagiannya dan dosennya yang mengetik. Hahaha...
Urusan selesai dengan dunia kampus, beranjaklah kami pulang kerumah masing2. Yang jelas gue diantar dulu kermuah gue, baru teman gue pulang kerumahnya. Pulang, makan, gak mandi udah tuh kalo pulang sore, nonton naruto en one piece, buka laptop, menulis cerita ini en online lagi deh seperti biasa.

1 komentar: