26 Januari 2011

Hari Pertama Ngajar Udah ada Yang ribut

Kacau balau nih ngajar anak SMA. Susah betul diatur tingkahnya. Ya begitulah setidaknya ungkapan waktu baru pertama kali masuk mengajar anak SMA kelas X. Bukan karena gak ada pengalaman mengatasi murid, tapi emang anaknya yang bengal-bengal. Bisa dimaklumilah kan mereka baru beranjak remaja yang masih mencari jati diri. Search aja kale kalo jati dirinya gak dapat.
Jadi begini, diceritakan bahwa Muhammad Yosta Novthami sedang melaksanakn salah satu tugas kuliahnya yaitu Praktek Pengalaman Lapangan (PPL). Hari selasa tanggal 18 januari 2011 mahasiswa yang berjumlah empat orang dengan jenis kelamin laki-laki diantar oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT). 2 orang program studi Bahasa Inggris, 1 orang Sastra Indonesia, dan 1 orang Pendidikan Biologi. Nah, setelah diserahkan kepada pihak sekolah, ditinggallah kami sendiri disekolah tuh gak tau mau ngapaen. Untungnya sekolahnya adalah sekolah waktu saya SMA dulu. Macam pernah sekolah aja, hahaha. Jadi beberapa guru yang pernah mengajar saya masih ingat dengan saya, saya kan artis terkenal gitu loh. Hohoho.
Bel istirahat bunyi, ketemu deh ma guru pamong. Sama guru pamong saya dikasih kewajiban untuk mengajar kelas X, yaitu X-C dan X-F pada hari selasa. Sedangkan teman saya ngajar kelas XI Ips I dan XI Ipa I. Wah, enak dia tuh dapat yang kelas dua, bisa cuci mata. Hehehe, dasar guru mesum. Kebetulan pada hari itu juga kelas yang akan saya ajar ada pelajaran bahasa inggris, jadi saya langsung aja observasi kelas yang akan saya ajar nanti.
Selama satu minggu kedepan saya observasi kelas terus, meskipun gak ada jam ngajar kami harus terus stand by di sekolah. Arahan dari UPT tuh, padahal ngajar Cuma hari selasa doank. Cuape deh waktu terbuang percuma.
Selasa, 25 januari 2011. Nah nah nah, ini waktunya saya mengajar setelah selama 1 minggu observasi cewek-cewek SMA. Hahaha. Jam 1 – 2 masuk di kelas X-C, waktu SMA dulu saya juga kelas X-C. Kayak apa sih anak-anaknya sekarang. Pertama masuk kelas sih, keliatannya anak-anaknya baik, penurut, lumayanlah gak bikin tekanan. Ternyata emang sesuai dugaan saya, alhamdulillah kelas ini lolos dari perkiraan. Opo toh lolos dari perkiraan, gaje.
Pada jam 7 – 8 giliran kelas X-F yang saya ajar, tengah siang bolong tuh ngajar. Nguantuk banget saya dapatnya. Iya ngantuk awalnya, pas ditengah-tengah perkenalan saya naik pitam ada anak yang nyaris berantem. Becandaan tapi kelewatan, jadi teman yang dicandain itu marah terus mau ngantam temannya itu. Mau gak mau lah udah saya harus teriak biar mereka diam. Betul-betul mereka nih cari masalah sama saya, sepertinya minggu depan harus keras deh mengajar nih kelas. Daripada saya yang ditindas mereka, bagus menggertak mereka dulu kan.

3 komentar:

  1. -___-
    Kalau ade yg ngajar tuh...ade suruh mereka lari keliling lapangan 10 kali....><

    BalasHapus
  2. hahaha, sayangnya masih gak punya hak untuk seperti itu de.....

    BalasHapus
  3. wah ... keren tuh pengalamn y ... bisa kasih tips dong .. ak jg mau ppl nih ... gmn sih caranya menghidupkan suasa na kelas supaya gak ky kuburun hahhah

    BalasHapus