12 Desember 2010

Belajar Harus Dengan Disiplin

Disiplin adalah kunci sukses. Sebab dengan disiplin, orang menjadi berkeyakinan bahwa disiplin membawa manfaat yang dibuktikan dengan tindakan disiplinnya sendiri. Setelah bertindak dengan disiplin seseorang baru akan dapat merasakan bahwa disiplin itu pahit, tetapi buahnya manis. Sebab kesanggupan berbuat disiplinlah takaran keimanan seseorang. Dengan disiplin yang kuat, akan tumbuh iman yang kuat pula, dan orang yang beriman adaah orang yang pada dirinya akan tumbuh sifat yang teguh dalam berprinsip, tekun dalam usaha, pantang mundur dalam kebenaran, rela mati untuk kebenaran. Karena itulah maka betapa besarnya pengaruh disiplin terhadap sukses studi di perguruan tinggi. Bukan hanya akan sukses sekedar membawa gelar sarjana, melainkan dapat mengisi gelar sarjanyan dengan perbuatan-perbuatan kesarjanaan. Baik dalam sikap mental, dalam moral maupun dalam sikap sosial dan sikap keilmuannya.
Disiplin adalah kunci kebahagiaan. Ketenangan hidup akan tercapai dengan kebiasaan disiplin. Bila seorang mahasiswa telah mebiasakan diri bekerja dengan rencana, ia sudah bermula dengan disiplin, ia tinggal melatih mematuhi rencananya sendiri. Ibarat ia telah mengatakan sesuatu janji, tanpa usaha untuk menetapi adalah perbuatan yang mudah sekali menjadi kebiasaan yang akan mudah menurunkan harga dirinya. Belajar seperti itu akan tehindar dari rasa mengantuk setiap berhadapan dengan dengan buku, tidak dapat mengkonsentrasikan perhatiannya kepada pelajaranya dan akan tidak selalu digoda oleh kondisi dimana belum saatnya belajar, karena belum/tidak ada tes atau ujian.
Untuk menegakkan disiplin tidak selamanya harus melibatkan orang lain, tetapi melibatkan diri sendiri juga sudah cukup, bahkan yang melibatkan diri sendiri secara penuhlah yang lebih penting. Sebab penegakkan disiplin karena melibatkan diri sendiri berarti disiplin yang timbul itu adalah kesadaran. Disiplin dapat melahirkan semangat menghargai waktu, bukan menyia-nyiakan waktu berlalu begitu saja dalam kehampaan.
Orang-orang yang berhasil dalam belajar dan berkarya disebabkan mereka selalu menempatkan disiplin di atas semua tindakan dan perbuatan.
:# :0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar